Bagaimana Cara Membuka Outlet Kurir Franchise di Indonesia

Dengan pesatnya perkembangan industri kurir dan pengiriman Indonesia yang disebabkan peningkatan jumlah pembelian di e-commerce, franchise kurir kini menjadi peluang bisnis yang semakin menarik. Namun dengan bertambahnya keingintahuan tentang aneka penawaran dari berbagai perusahaan kurir, hanya tersedia sedikit informasi yang mencakup semua aspek tentang bagaimana cara membuka outlet kurir franchise.

Lanjutkan membaca untuk mempelajari elemen-elemen kunci yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum membuka outlet kurir franchise Anda sendiri:

  • Mengapa saat ini merupakan waktu yang baik untuk membuka outlet kurir franchise di Indonesia?
  • Apa yang Anda butuhkan untuk memulai outlet kurir franchise Anda sendiri di Indonesia?
  • Apa yang harusnya tercakup dalam paket-paket franchise kurir?
  • Apa saja dampak perpajakan yang timbul dari pembukaan outlet kurir franchise Anda?

 

Mengapa saat ini merupakan waktu yang baik untuk membuka outlet kurir franchise di Indonesia?

Sebelum 2011, semua outlet kurir di Indonesia adalah cabang langsung dari perusahaan-perusahaan kurir; sebagian besarnya terpusat di Jakarta dan kota-kota lain di Pulau Jawa. Namun, dengan pertumbuhan online shop dan perkembangan ekonomi di wilayah-wilayah luar Jawa, termasuk kota-kota tingkat dua dan tiga lainnya, kebutuhan akan kehadiran outlet kurir meningkat di wilayah-wilayah tersebut.

Outlet kurir franchise di Indonesia menawarkan peluang usaha dalam waktu yang tepat:

  • Peningkatan belanja online: Seiring semakin terkoneksinya Indonesia melalui internet seluler, makin banyak orang yang memilih cara belanja online sebagai alternatif dalam berbelanja dengan lebih nyaman; sehingga meningkatkan kebutuhan akan perkembangan jasa kurir dalam mengantarkan barang-barang pesanan pelanggan.
  • Permintaan di luar wilayah ibukota: Meskipun Jakarta masih menjadi wilayah dengan volume transaksi online yang besar, konektivitas yang dihadirkan oleh internet seluler juga memampukan masyarakat di kota-kota tingkat dua dan tiga, dan bahkan wilayah terpencil, untuk mulai berjual beli secara online; sehingga semakin meningkatkan kebutuhan akan cakupan wilayah perusahaan-perusahaan kurir, hingga ke wilayah-wilayah yang masih kurang terlayani, khususnya di luar Jawa.
  • Berubahnya pilihan pelanggan akan pengiriman barang online shop: Dengan kemampuan yang meningkat, perusahaan-perusahaan kurir kini menawarkan jenis-jenis layanan baru yang dengan cepat menjadi pilihan popular, seperti real-time pick-up atau same-day delivery, yang dapat difasilitasi juga oleh outlet
  • Model bisnis sederhana: Membuka outlet kurir franchise menawarkan pengaturan model bisnis yang cepat dan efektif. Banyak penawaran franchise kurir yang mensyaratkan minimum ruang usaha yang kecil, ada yang bahkan hanya butuh 2x2 m2, untuk memulai operasi. Hal ini menambah kemudahan dalam memulai atau melebarkan usaha dengan memanfaatkan ruang yang berlebih.

Dengan meningkatnya kebutuhan, franchise kurir dengan cepat menjadi peluang usaha yang diminati dan semakin menjadikan saat ini sebagai waktu yang tepat untuk mulai membuka outlet kurir franchise Anda sendiri di Indonesia dan mulai menghasilkan keuntungan.

Hasilkan Uang Sekarang; Buka Outlet Franchise Kurir Anda Sendiri

 

Apa yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis outlet kurir franchise di Indonesia?

Dengan begitu banyaknya perusahaan kurir yang bersaing memperebutkan pangsa pasar, franchise kurir telah menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan cakupan wilayah dan penjualan dengan cepat. Dalam memilih penawaran mana yang paling menguntungkan dengan kemudahan yang tinggi, tanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut tentang franchise-franchise kurir yang tersedia di wilayah Anda:

  • Persyaratan lokasi:
    • Seberapa besar ruangan yang dibutuhkan?
    • Di wilayah seperti apakah lokasi outlet itu harus berada?
    • Semudah apakah lokasi itu dapat dijangkau? Apa harus dapat dijangkau mobil?
    • Seberapa besar kebutuhan ruang untuk branding yang harus ada di lokasi?
  • Persyaratan sumber daya manusia:
    • Berapa jumlah minimum karyawan yang disyaratkan untuk pengelolaan outlet sehari-hari?
    • Bolehkah outlet beroperasi tanpa adanya tenaga kurir untuk melaksanakan penjemputan barang?
  • Kebutuhan sistem:
    • Bagaimana kebutuhan minimum sistem Teknologi Informasi (TI) untuk outlet itu?
    • Peralatan dan perlengkapan lain apa saja yang harus dipersiapkan?
    • Seberapa cepat koneksi internet yang dibutuhkan?
  • Syarat administrasi:
    • Bolehkah membuka outlet kurir itu secara pribadi ataukah hanya bentuk badan hukum perusahaan yang diterima?
    • Kelengkapan dokumen apa saja yang dibutuhkan dalam administrasi pengajuannya?
    • Berapa lama waktu yang dibutuhkan dalam proses pengajuannya?
    • Bagaimana bentuk survey dari perusahaan kurir dalam menilai pengajuan tersebut?
    • Apakah boleh memiliki usaha lain di lokasi yang diajukan sebagai outlet tersebut?
  • Kebutuhan kendaraan:
    • Untuk operasional harian, apakah perusahaan kurir akan menjemput barang kiriman pelanggan dari outlet, atau justru karyawan outlet yang harus mengantarnya ke cabang perusahaan kurir?
    • Apakah outlet harus memiliki kendaraan? Jika ya, kendaraan apa? Mobil atau motor?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk setiap peluang usaha franchise dari berbagai perusahaan kurir, Anda akan mampu melihat perbedaan-perbedaan penting di antara mereka dan memilih yang paling menguntungkan untuk Anda, dengan mempertimbangkan kondisi lokasi yang Anda ajukan dan ketersediaan modal.

 

Apa yang harusnya tercakup dalam paket-paket franchise kurir?

Berbagai peluang usaha outlet kurir franchise ditawarkan dalam bentuk paket; masing-masing dengan jumlah biasa investasi yang berbeda.

Umumnya isi paket outlet kurir franchise mencakup:

  • Pernak-pernik untuk branding: Barang-barang branding perusahaan kurir, untuk ditampilkan di dalam dan di sekitar lokasi outlet. Bentuknya bisa spanduk, poster, neon box, plang merek, atau papan nama.
  • Seragam karyawan: Bentuknya bisa baju terusan, kemeja, rompi, celemek atau topi.
  • Barang-barang promosi: Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar akan merek perusahaan kurir dengan dibukanya outlet baru tersebut. Betuknya bisa berupa brosur, leaflet, atau flyer, yang berisi peta lokasi outlet baru itu.
  • Perlengkapan sistem TI: Yaitu peralatan krusial bagi operasional harian outlet, khususnya dalam interkoneksinya dengan sistem TI pusat perusahaan kurir. Peralatan TI ini umumnya mencakup salinan software sistem TI outlet dari perusahaan kurir, atau informasi akses login individual ke suatu sistem TI terpusat. Barang lainnya yang mungkin termasuk ialah komputer desktop dan printer.
  • Perlengkapan operasional: Barang-barang ini merupakan perlengkapan operasional outlet tersebut sehari-hari, yang juga berfungsi sebagai branding si perusahaan kurir. Bentuknya berupa pita perekat, amplop, kantong dan pembungkus plastik, kotak kardus, dan formulir resi yang berlogo perusahaan kurir.

Di samping menilai barang yang ada dalam penawaran, Anda sebaiknya juga menilai paket outlet kurir franchise dari sudut keuangan, termasuk biaya yang dibutuhkan dan persentase komisi yang ditawarkan, sebagai berikut:

  • Ingat bahwa paket franchise kurir membutuhkan biaya investasi antara 2 - 20 juta rupiah. Paket-paket yang lebih mahal akan menawarkan perlengkapan yang lebih menyeluruh; seperti komputer dan printer, yang bertujuan untuk menjamin keseragaman standar peralatan di antara sesama outlet agar mengurangi resiko tidak kompatibelnya sistem.
  • Pastikan Anda mengerti akan berbagai sistem biaya yang berbeda pada tiap paket. Banyak paket yang mensyaratkan pembayaran keseluruhan biaya investasi di muka, namun ada juga yang memisahkan antara biaya pendaftaran dan uang deposit yang dapat dikembalikan nantinya. Ingatlah untuk menghitung semua pengeluaran yang mungkin disebabkan oleh paket franchise sebelum menentukan pilihan.
  • Persentase komisi yang ditawarkan untuk outlet kurir franchise berbeda di antara perusahaan-perusahaan kurir, yaitu sekitar 10-30% dari penerimaan transaksi kotor harian. Beberapa perusahaan kurir bahkan memiliki sistem komisi bertingkat berdasarkan total transaksi harian. Juga, Anda perlu mencari informasi yang jelas mengenai perbedaan persentase komisi pada waktu-waktu memuncaknya jumlah kiriman seperti Idul Fitri dan Tahun Baru.

Selain isi paket dan biaya, Anda juga harus menilai paket outlet kurir franchise berdasarkan tingkat dan mutu dukungan yang dijanjikan perusahaan kurir bagi outlet baru Anda, sebagai berikut:

  • Pelatihan dan sertifikasi karyawan: pastikan bahwa perusahaan kurir menyediakan pelatihan yang memadai dan memberi sertifikasinya, untuk semua karyawan outlet
  • Kunjungan dari perwakilan perusahaan: Ingatlah bahwa outlet Anda butuh dikunjungi secara berkala oleh perwakilan perusahaan kurir untuk memastikan kesesuaian operasionalnya dengan standar perusahaan.
  • Penanganan masalah TI: Karena sistem TI outlet Anda akan terhubung ke sistem perusahaan kurir, perusahaan itu harus menyediakan bantuan dalam pemecahan masalah IT, khususnya yang berkaitan dengan sistem software kurir dan pengiriman.
  • Kerjasama dalam penyelesaian masalah: Lambat laun timbulnya masalah dalam pengiriman barang pelanggan tidak akan terhindarkan; dan pelanggan, terutama mereka yang kurang mengerti teknologi, kemungkinan bear akan menghubungi outlet Anda untuk menyelesaikan masalah mereka. Pastikan bahwa perusahaan kurir berkomitmen untuk bekerja bersama outlet Anda untuk penanggulangan masalah, agar baik perusahaan kurir dan outlet Anda dapat menyediakan pengalaman positif bagi pelanggan.

 

Apa saja dampak perpajakan yang timbul dari pembukaan outlet kurir franchise Anda?

Dampak perpajakan merupakan suatu pertimbangan penting yang harus diperhitungkan dalam membuka outlet kurir franchise Anda di Indonesia.

  • Apakah perusahaan kurir menyediakan bantuan dalam pengaturan dan pelaporan dokumen-dokumen perpajakan? Perusahaan kurir yang baik harusnya sanggup menolong Anda dalam hal ini.
  • Apakah perusahaan kurir membebankan pajak usaha terhadap komisi Anda? Jika ya, Anda harus mempertimbangkan hal ini dalam perhitungan Anda akan keuntungan ketika memilih paket franchise kurir dan tawaran persentase komisi yang tepat.
  • Apakah perusahaan kurir mengharuskan pemasangan reklame, dan bagaimana reklame itu harus ditempatkan? Anda harus mencari tahu tentang hal ini karena peraturan di Indonesia mewajibkan Anda membayar pajak reklame untuk reklame dengan ukuran dan penempatan tertentu.

 

Meneliti tentang seluruh persyaratan serta implikasi perpajakan dari berbagai peluang franchise kurir yang ada di Indonesia akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam memilih paket bisnis yang sesuai, dan mempercepat Anda dalam membuka usaha. Maka, bertindaklah; kini Anda tahu semua yang perlu diketahui untuk membuka outlet kurir franchise dan mulai menjadi bos.

Promo Outlet JET express