Memulai Sebuah Online Shop di Indonesia

Teruslah membaca panduan lengkap kami tentang apa yang Anda harus mengerti sebelum memulai sebuah online shop di Indonesia, bagaimana cara mempromosikannya serta menciptakan pelanggan yang setia bagi usaha online Anda. Panduan ini akan mencakup topik-topik berikut; namun pastikan untuk memantau blog kami untuk update berkala.

  • Mengapa sekarang merupakan waktu yang tepat untuk memulai online shop Anda sendiri
  • Produk apa yang dapat Anda jual dalam online shop Anda
  • Membuat persediaan stok untuk online shop Anda
  • Memilih marketplace online yang tepat
  • Memilih Mitra Kurir & Pengiriman

 

Mengapa sekarang merupakan waktu yang tepat untuk memulai online shop Anda sendiri

Saat ini, dibanding waktu lainnya, membuka sebuah online shop menjadi cara cepat untuk memulai usaha Anda sendiri dan mengambil keuntungan dari melesatnya industri e-commerce di negara ini. Tentu Anda dan kawan-kawan semakin sering berbelanja secara online dan Anda mungkin kenal beberapa orang yang telah berhasil membuka usaha online mereka. Maka, Anda mungkin akan semakin tertarik untuk memulai usaha online Anda sendiri, namun mungkin Anda masih bertanya-tanya bagaimana cara untuk memulai, serta apakah ini waktu yang tepat?

Dengan modal awal yang relatif lebih kecil, membuka sebuah online shop adalah cara yang lebih cepat dan mudah untuk memulai atau memperluas sebuah usaha jika dibandingkan dengan toko fisik. Satu alasan penting lainnya ialah bahwa orang Indonesia kini semakin menggeser pola pembeliann mereka ke belanja online. Masih belum yakin? Biar fakta-fakta ini yang berbicara:

  • Indonesia kini semakin terhubung dengan lebih dari 50% populasi menggunakan koneksi internet. Juga, jaringan-jaringan 4G LTE telah mencakup sekitar 40% dari wilayah negara ini.
  • Sebuah survey dari Kominfo pada 2016 menunjukkan bahwa 96.5% orang Indonesia yang berbelanja online membeli barang dari penjual domestik, dimana barang fashion, elektronik dan kosmetika menjadi tiga kategori produk paling laku.
  • Pada 2015, penelitian dari Deloitte menyingkapkan data bahwa UKM online memiliki pendapatan 80% lebih baik dibanding UKM offline.
  • Mengintegrasikan sistem pembayaran online kini juga lebih mudah. Pada 2016, perbelanjaan online melalui perbankan online atau mobile mencapai 20.7%, dan angka ini meningkat setiap tahunnya.
  • Pemerintah Indonesia secara aktif mendukung usaha-usaha online baru, misalnya melalui keringanan pajak untuk UKM digital rintisan, dengan batas atas pajak pendapatan mereka maksimum 1%.
  • Mengatur pengiriman untuk toko-toko online kini menjadi semakin mudah dengan perusahaan-perusahaan kurir dan pengiriman yang menawarkan tarif yang kompetitif, informasi tracking hingga hitungan per menit, serta jasa cash on delivery maupun retur barang.

Dengan semua perkembangan tersebut yang semakin memuluskan jalan bagi pertumbuhan toko online, tentu sekarang sudah pasti menjadi saat yang tepat bagi Anda untuk memulai usaha online shop di Indonesia.

 

Produk apa yang dapat Anda jual dalam online shop Anda

Kini, seiring dengan keseriusan Anda memikirkan tentang membuka online shop atau mungkin Anda telah memiliki toko online, Anda mungkin bertanya apa yang sebaiknya Anda jual atau produk baru apa yang bisa Anda tawarkan bagi para pelanggan. Pada dasarnya Anda dapat menjual berbagai macam barang di toko online. Namun, pemilihan yang bijak akan produk dan kategori produk Anda dimana Anda terlebih dahulu meneliti target pasar, merupakan hal penting untuk menghindari pembelian stok yang tidak akan terjual, serta membuat bisnis online Anda bisa memberikan keuntungan secepatnya. Ingatlah untuk:

  • Memperhatikan segmen-segmen pasar yang belum digarap di Indonesia, dan bagaimana Anda dapat melayani mereka melalui toko online Anda.
  • Namun, jangan lupakan juga bahwa masih banyak ceruk pasar yang belum terlayani seperti misalnya kerajinan tangan dan suvenir tradisional. Industri kreatif Indonesia yang sedang menanjak menunjukkan potensi bisnis yang sangat besar untuk e-commerce, seiring dengan semakin diminatinya komoditas karya seni dan kerajinan lokal. Mengenali ceruk pasar bagi online shop Anda akan membantu untuk mengenali basis pelanggan Anda, serta mendukung pertumbuhan bisnis Anda.
  • Anda juga dapat menjual barang-barang yang lebih umum atau lebih populer seperti produk fashion, kosmetika atau elektronik. Barang-barang ini terus menunjukkan pertumbuhan dalam sektor e-commerce Indonesia.
  • Peluang lain yang dapat Anda pertimbangkan adalah menjadi distributor tunggal dari produk atau merk yang belum masuk ke Indonesia. Banyak produk-produk inovatif dari luar negeri yang ingin menembus pasar konsumen Indonesia yang makmur dan menguntungkan.
  • Menyediakan personalisasi dan berbagai aksesoris bagi produk-produk Anda juga akan membantu Anda meraih basis pelanggan yang lebih luas.

Dalam memikirkan produk apa yang akan dijual, ingat juga untuk:

  • Telitilah daya saing ceruk pasar Anda sebelum memulai toko online Anda. Apa Anda memiliki pesaing? Jika tidak, mengapa tidak? Jika ya, hal apa yang dilakukan pesaing Anda dengan baik, dan apa yang mereka lakukan dengan kurang baik yang dapat Anda lakukan lebih baik di toko online Anda?
  • Pastikan untuk bekerjasama dengan lebih dari satu pemasok bagi produk dan kategori produk yang ingin Anda jual; jika Anda hanya bergantung pada satu pemasok maka negosiasi harga akan menjadi sulit.
  • Jika Anda mempertimbangkan untuk menjual barang yang cenderung rapuh atau rumit pengirimannya, pastikan bahwa semua biaya terkait penanganan, penyimpanan dan pengiriman produk telah termasuk dalam harga jual. Pilihlah mitra kurir dan pengiriman yang tepat yang dapat memberi Anda tarif pengiriman yang hemat.

Tentu jalan terbaik bagi online shop yang sukses ialah mengubah hal yang menjadi gairah Anda menjadi sebuah merk atau usaha. Dengan gairah Anda sebagai pusat bisnis, Anda dapat menjadikan toko online Anda sebagai solusi satu pintu yang akan memampukan Anda mengembangkan basis pelanggan yang setia dan reputasi untuk mendukung pertumbuhan online shop Anda.

 

Membuat persediaan stok untuk online shop Anda

Setelah memutuskan produk apa yang akan dijual di online shop Anda, hal berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan persediaan stok dari semua produk Anda. Menyediakan inventaris stok yang mencukupi adalah hal penting untuk memampukan Anda merespon pembelian dari pelanggan dengan cepat. Sebagai usaha rintisan, area penyimpanan yang kecil mungkin akan cukup memadai untuk bisnis online Anda, namun perhatikan bahwa seiring meluasnya usaha Anda, maka Anda perlu mempersiapkan area penyimpanan yang lebih luas sesuai dengan peningkatan jumlah kategori produk dan volume penjualan.

 

Memlih Marketplace Online yang Tepat

Platform media sosial seperti Facebook dan Instagram merupakan sarana yang tepat untuk memulai toko online dengan gratis karena Anda dapat menjadikan para kawan dan pengikut Anda sebagai pelanggan. Memulai toko online di dalamnya cukup mudah, dan platform-platform tersebut memberikan fleksibilitas tinggi dalam memilih metode pembayaran mana yang terbaik bagi pelanggan Anda serta mitra pengiriman mana yang akan Anda gunakan.

Indonesia juga memiliki berbagai marketplace untuk e-commerce yang dapat dipilih untuk digunakan bersamaan dengan toko Anda di media sosial. Beberapa marketplace e=commerce lebih terfokus pada kategori-kategori produk tertentu seperti gawai, sementara yang lain lebih cocok untuk penjualan secara B2B, maka penting untuk memilih mana yang tepat untuk Anda.

Beberapa marketplace online di Indonesia di antaranya:

  • Tokopedia – salah satu “unicorn” marketplace online Indonesia serta salah satu yang paling besar dan populer. Berbagai fitur yang dimilikinya sangat memudahkan dalam mencari berbagai jenis produk.
  • Bukalapak – sebuah marketplace online terkemuka yang menawarkan berbagai jenis barang. Bukalapak memiliki fitur yang memungkinkan pembeli dan penjual menegosiasikan harga barang.
  • Shopee – sebuah marketplace online Indonesia yang sedang menanjak yang memiliki “gratis ongkir” sebagai poin penjualan utamanya.
  • OLX – sebuah marketplace online lama Indonesia yang menyerap TokoBagus dan Berniaga, dua nama besar marketplace online Indonesia.
  • Blibli – sebuah marketplace e-commerce yang menawarkan berbagai jenis barang dan difokuskan untuk menawarkan diskon dan kupon promosi bagi pelanggannya.

Manakah Marketplace E-commerce Terbaik Untuk Online Shop Saya?

 

Memilih Mitra Kurir dan Pengiriman

Kini setelah laman online shop Anda dibuka, langkah berikutnya adalah mengirimkan barang yang dibeli pelanggan. Anda perlu memilih mitra kurir dan pengiriman yang menawarkan tarif yang kompetitif bagi para pelanggan Anda, sarana tracking online dan integrasi yang mudah dengan online shop Anda.

Adalah hal yang penting untuk memberi para pelanggan Anda pilihan layanan pengiriman yang lengkap dalam proses pembelian, yang mencakup hal-hal berikut ini:

  • Layanan One-day delivery, yang dapat mengirimkan produk di hari yang sama atau pada keesokan harinya kepada pelanggan. Layanan ini menjadi pilihan favorit baru bagi para penggemar belanja online karena mereka dapat lebih cepat menerima barang mereka .
  • Layanan Reguler, yang dapat mengirimkan produk dalam 2-3 hari kepada pelanggan di seluruh Indonesia. Harga dan kecepatan pengiriman dari pilihan layanan ini harus sebanding dengan layanan-layanan reguler dari perusahaan-perusahaan kurir.
  • Layanan Cargo, yang dapat mengirimkan produk dalam 2-6 hari kepada pelanggan di seluruh Indonesia, dengan menawarkan tarif yang lebih hemat dengan berat pengiriman minimal sejumlah tertentu. Layanan ini berguna bagi pelanggan atau para reseller yang membeli barang dalam jumlah besar untuk dikirim ke tujuan-tujuan antar pulau.

Anda sebaiknya mempertimbangkan dengan hati-hati layanan kurir dan pengiriman mana yang akan Anda gunakan untuk online shop Anda, terutama menyangkut tarif pengiriman, jaringan tingkat nasional, layanan pelanggan, kemampuan melayani retur barang dan yang terpenting sistem tracking real time yang mudah digunakan untuk merespon dengan cepat akan pertanyaan tentang pengiriman. Bacalah artikel-artikel kami untuk membantu Anda memilih penydia layanan kurir dan pengiriman yang tepat untuk online shop Anda:

5 Pertimbangan Utama dalam Mencari jasa Kurir Murah

Tips Menghindari Masalah dalam Memilih Jasa Kurir Internasional

Kini setelah toko Anda dibuka, kita perlu menarik pelanggan ke dalamnya dengan membangun word of mouth dan berfokus untuk menumbuhkan basis pelanggan setia di Indonesia dan lebih besar lagi!