Mempromosikan dan Mengembangkan Online Shop Anda di Indonesia

Mendirikan online shop sebenarnya baru langkah awal dalam memulai usaha. Anda perlu mempromosikan toko Anda agar pelanggan tertarik untuk membeli produk dan setia menjadi pelanggan tetap. Ingatlah bahwa melakukan sesuatu sesuai dengan janji Anda dan meninggalkan kesan yang melekat di hati para pelanggan sangat penting untuk menjadikan mereka pelanggan setia.

Lanjutkan membaca poin-poin utama yang harus dipersiapkan untuk mempromosikan dan mengembangkan online shop Anda di Indonesia:

  • Mempromosikan toko online Anda kepada pelanggan
  • Menangani pengiriman serta pengembalian barang dan uang
  • Cara memberikan layanan pelanggan yang baik
  • Mengelola inventaris stok untuk toko online Anda

 

Mempromosikan Online Shop Anda Kepada Pelanggan

Bisnis berbasis online harus menjangkau kelompok orang yang disasar secara khusus untuk mempromosikan produk dan membangun basis pengikut Anda, termasuk dengan menggunakan media sosial dan blog.

  • Laman atau profil media sosial: Membuat laman atau profil khusus di platform media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan Instagram, adalah suatu keharusan. Ingatlah bahwa mem-posting status yang menarik tentang produk atau promosi toko Anda di media sosial dapat memberikan efek viral yang baik karena pengikut toko Anda dapat membagikannya ke jaringan pengikut mereka, sehingga meningkatkan jangkauan online shop Ingatlah untuk membuat posting toko online Anda tetap bervariasi, misalnya tip dan trik, testimoni, dan sesekali humor.
  • Blog dan konten: Konten teks dan multimedia edukasi tambahan dapat membawa bisnis online Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Ingatlah bahwa pengguna produk Anda akan menghargai FAQ, tip dan trik, perbandingan produk, serta panduan langkah demi langkah untuk produk yang ingin mereka beli. Menyediakan konten yang berguna seperti ini akan membantu pelanggan mempersepsikan toko Anda sebagai online shop yang sangat membantu sekaligus menaikkan ranking SEO-nya.
  • Grup perpesanan instan dan pesan broadcast: Mempromosikan toko online dan produk Anda melalui aplikasi chat seperti WhatsApp, Line, dan BBM merupakan ide yang bagus. Juga, pertimbangkan untuk membuat grup khusus dalam setiap aplikasi chat, yang berisi kontak pelanggan yang pernah berbelanja di toko online Grup-grup ini merupakan sarana yang baik untuk memperkenalkan produk baru atau menyampaikan program promosi online shop Anda, sekaligus menjadi tempat menerima dan menanggapi keluhan pelanggan.
  • Review pelanggan: Jangan lupa untuk meminta para pelanggan Anda memberikan ulasan untuk produk dan pengalaman berbelanja online Ingatlah bahwa review negatif menunjukkan aspek toko yang masih butuh diperbaiki, sedangkan review positif akan membantu membangun kredibilitas toko dan produk Anda, serta menjaga hubungan dan interaksi antara Anda dan pelanggan.
  • Tombol social sharing: Karena media sosial punya pengaruh yang besar, penempatan tombol-tombol untuk membagikan isi laman produk, promosi, dan konten tambahan Anda ke media sosial kini menjadi bagian penting dari strategi promosi toko online. Ingatlah untuk menempatkan tombol-tombol ini di laman toko Anda di marketplace e-commerce maupun situs web Anda.
  • Sebaran SMS dan email: Menyebarkan SMS dan email tentang promosi secara berkala adalah ide yang bagus untuk memastikan pelanggan mengetahui kabar terkini tentang online shop Pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan karena bisa dianggap sebagai spam. Fokuskan sebaran SMS dan email pada waktu-waktu yang relevan seperti musim liburan.

10 Tip Terbaik Gratis untuk Mendatangkan Traffic ke Online Shop Anda

 

Menangani Pengiriman serta Retur Barang dan Uang

Dalam membangun reputasi dan mengembangkan basis pelanggan untuk online shop Anda, pengiriman dan pengembalian produk  mungkin menjadi aspek terpenting untuk dipersiapkan. Penyebabnya, kurir dari mitra jasa pengantaran Anda adalah orang yang ditemui oleh pelanggan sepanjang proses pembelian.

Oleh karena itu, Anda harus mempersiapkan proses-proses pengiriman dan pengembalian produk untuk menghindari terjadinya masalah atau keterlambatan:

  • Tetapkan proses kendali mutu untuk barang yang akan dikirimkan: Pastikan Anda telah menetapkan proses pengecekan mutu untuk memastikan agar produk yang akan dikirimkan dalam kondisi baik sebelum dikirimkan kepada pelanggan. Ini akan mengurangi kemungkinan produk dikembalikan dan pelanggan yang kecewa.
  • Tetapkan prosedur penanganan keluhan dan masalah: Dibandingkan dengan jumlah total penjualan, hanya sedikit pembelian yang bermasalah dalam transaksi e-commerce di Indonesia. Namun, satu pengalaman buruk dapat berujung pada kehilangan satu pelanggan selamanya. Jadi, tanggapan cepat terhadap keluhan dan masalah pelanggan sangat penting untuk menjaga reputasi toko Anda. Jika Anda kerepotan mengelola keluhan, prioritaskan pelanggan lama untuk mempertahankan pengalaman positif mereka bersama Anda sebelumnya.
  • Tetapkan kebijakan menyeluruh tentang pengiriman serta pengembalian produk dan uang: Memberlakukan kebijakan yang seragam untuk pengiriman produk dan menangani retur seluruh produk Anda adalah praktik yang baik. Contohnya, Anda dapat mempertimbangkan untuk memberlakukan kebijakan retur ‘no questions asked’, di mana pelanggan dapat mengembalikan barang yang telah dibeli dan menerima pengembalian uang secara penuh jika mereka belum membuka kemasan atau menggunakan produk. Jangan lupa untuk mencantumkan semua pengecualian dalam kebijakan Anda.
  • Lakukan koordinasi dengan mitra jasa kurir dan pengiriman Anda: Seiring dengan pertumbuhan bisnis Anda, pengemasan dan transportasi paket yang akan dikirimkan ke outlet kurir akan menjadi kerumitan tersendiri. Maka, pemilihan penyedia jasa kurir dan logistik yang tepat dengan cakupan layanan yang menyeluruh menjadi sesuatu yang penting. Sebagai seorang penjual online shop, Anda mungkin memiliki kebutuhan khusus untuk pengiriman yang berbeda dari pengiriman personal biasa, seperti jasa dropship, cash-on-delivery (COD), dan retur produk. Pastikan perusahaan jasa kurir Anda mengerti betul tentang hal ini dan mampu menawarkan solusi yang sesuai untuk Anda.
  • Pertimbangkan untuk memanfaatkan opsi keanggotaan di perusahaan jasa kurir: Perusahaan-perusahaan kurir terkemuka menyediakan skema keanggotaan bagi para pelanggan mereka untuk membuat pengiriman paket semakin efisien. Perusahaan juga menawarkan diskon untuk pengguna berulang dan rekomendasi pengguna baru.
  • Pastikan Anda mempersiapkan diri untuk pengembalian produk: Tingkat pengembalian produk belanja online mencapai 30% dari total penjualan, dibandingkan dengan penjualan di toko fisik yang hanya sekitar 8%. Perhatikan bahwa musim liburan akan menambah jumlah penjualan sekaligus pengembalian produk. Namun, data juga menunjukkan bahwa pelanggan yang sering mengembalikan produk merupakan pelanggan yang paling banyak berbelanja. Jadi, perlakukan mereka dengan baik!

Dengan kebijakan pengiriman, retur, dan pengembalian uang yang jelas, reputasi baik online shop Anda akan berkembang dengan cepat. Kebijakan pengembalian uang dan barang yang lebih longgar bahkan dapat memperbaiki hubungan Anda dengan para pelanggan. Jadi, jangan lupakan hal itu.

 

Layanan Pelanggan yang Unggul

Karena pelanggan Anda hanya dapat melihat produk belanjaan mereka setelah tiba di rumah mereka, mereka mungkin akan menghubungi Anda untuk meminta informasi sebelum, selama, atau bahkan setelah membeli. Interaksi dengan pelanggan menjadi bagian penting untuk kelangsungan online shop Anda sekaligus kesempatan untuk memberikan layanan pelanggan yang unggul dan berkesan.

Untuk memberikan layanan pelanggan terbaik, Anda harus mempersiapkan hal-hal berikut untuk toko online Anda:

  • Fitur chat online: Fitur ini kemungkinan besar akan menjadi sarana utama yang digunakan pelanggan untuk menghubungi Anda dan menyampaikan pertanyaan atau keluhan di Indonesia. Semua platform marketplace e-commerce di Indonesia menyediakan fitur ini untuk semua penjual. Jika toko Anda tidak ada di platform marketplace, pertimbangkan untuk menggunakan chat Facebook untuk fungsi ini. Jika Anda ingin menanggapi chat sendiri, pastikan untuk memberlakukan kebijakan khusus tentang waktu menanggapi live chat. Jadi, pelanggan akan mengerti jika pertanyaan mereka tidak langsung dijawab. Pertimbangkan untuk merekrut tenaga tambahan untuk menjalankan fungsi ini atau bahkan membuka beberapa jalur live chat, jika dibutuhkan, seiring dengan peningkatan jumlah penjualan.
  • Layanan pelanggan yang responsif: Ingatlah bahwa saat pelanggan menghubungi Anda, melalui jalur manapun yang disediakan, pastikan Anda selalu menjawab dengan nada yang bersahabat. Jangan lupa untuk terus membantu mereka dan mempertahankan sikap yang positif. Jika ada keluhan, gunakan tiga frasa ‘ajaib’ – terima kasih, maaf, dan tolong – dalam setiap komunikasi Anda untuk terus menjaga nada yang sopan.
  • Bantulah pelanggan menyelesaikan masalah terkait toko Anda: Cobalah untuk menghindari ulasan negatif dari pelanggan dengan membantu mereka sepenuh hati untuk mengatasi masalah yang dialami. Jika terjadi masalah kecil yang bukan merupakan kesalahan pelanggan, bahkan untuk produk yang mahal, tawaran retur dan penggantian gratis akan memenangkan kesetiaan pelanggan. Ini dapat mengubah potensi review negatif menjadi sangat positif. Ingatlah juga untuk menanggapi, daripada menghapus, ulasan negatif. Mintalah maaf atas ketidaknyamanan akibat masalah yang terjadi dan tawarkan solusi untuk masalah tersebut.
  • Sediakan tracking paket online: Banyak dari pertanyaan pelanggan Anda berkisar tentang status pengiriman belanjaan mereka. Berikan mereka ketenangan pikiran dengan memilih mitra jasa kurir yang tepat dengan kemampuan tracking paket secara online.
  • Gunakan penyedia jasa logistik pihak ketiga: Ketika usaha online shop Anda bertumbuh besar, kebutuhan untuk mempertahankan kualitas dan kecepatan pengiriman produk juga meningkat. Menggunakan penyedia jasa logistik pihak ketiga dapat membantu Anda berkonsentrasi penuh dalam mengelola pesanan, inventaris stok, dan keterlibatan pelanggan.

Menyediakan waktu khusus untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan Anda akan membantu membangun keterlibatan dan hubungan dengan pelanggan serta membuat pelanggan lebih loyal. Jadi, mereka akan menjadi pelanggan tetap, yang merupakan kunci kesuksesan untuk online shop Anda dalam jangka panjang.

Cara Tingkatkan Review Online Shop Anda dan Mendapat Banyak Pelanggan

Teknologi Berbasis Cloud untuk Tracking Paket Jasa Kurir Indonesia

 

Mengelola Inventaris Stok Online Shop Anda

Seiring dengan pertumbuhan usaha online Anda, Anda harus mulai menata manajemen inventaris stok dengan lebih baik sehingga mempermudah perencanaan pesanan ke pemasok dan memastikan produk selalu tersedia. Hal ini akan mempersingkat waktu tunggu dan menghindari kekecewaan pelanggan. Selain itu, Anda dapat memantau performa penjualan berbagai kategori produk yang berbeda. Lanjutkan membaca tip-tip unggulan dari kami dalam mengelola stok untuk membantu Anda mengembangkan toko online:

  • Memantau tanggal kedaluwarsa produk harus menjadi salah satu prioritas utama. Langkah ini sangat penting jika Anda menjual produk yang dapat busuk seperti makanan atau obat-obatan. Pastikan pelanggan Anda punya cukup banyak waktu sebelum tanggal kedaluwarsa produk untuk menghindari kekecewaan pelanggan dan review yang buruk.
  • Pastikan untuk menetapkan jumlah persediaan stok minimum karena akan menjamin ketersediaan produk sembari menunggu pasokan baru tiba. Stok cadangan memungkinkan Anda untuk menanggapi kenaikan permintaan yang signifikan dan mendadak.
  • Merencanakan stok sebelum periode permintaan yang tinggi juga sangat penting. Pertimbangkan untuk merencanakan inventaris stok Anda untuk musim liburan dengan menambah persediaan sebelumnya, khususnya untuk barang-barang musiman. Musim liburan juga merupakan waktu yang tepat untuk merencanakan promosi dan diskon untuk kelebihan barang dalam inventaris.
  • Pertimbangkan penggunaan software pengelola inventaris stok. Karena usaha Anda telah berbasis online, bagaimana jika diintegrasikan dengan software pengelola stok? Ingatlah bahwa, saat dipadukan dengan teknologi barcode, software inventaris dapat menghilangkan kerepotan Anda untuk menghitung jumlah stok dan perencanaan pasokan. Ada banyak software manajemen inventaris pihak ketiga yang tersedia gratis di internet.
  • Mungkin terlihat lumrah, namun memeriksa kiriman pasokan yang baru tiba secara manual tetap penting dilakukan untuk memeriksa apakah ada perbedaan antara dokumen pengiriman dan keadaan yang sebenarnya. Periksalah jika ada barang yang rusak, pecah, atau hilang. Memeriksa kiriman pasokan juga akan membantu Anda menghindari miskomunikasi dan masalah dengan pemasok Anda.
  • Ingatlah untuk melakukan audit stok secara berkala – artinya, menghitung semua barang dalam tempat penyimpanan Anda secara manual. Hal ini penting dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara catatan Anda dengan keadaan sebenarnya. Setelah selesai, Anda harus menyesuaikan kembali catatan persediaan dengan jumlah produk dalam stok.
  • Seiring berkembangnya usaha online Anda, Anda membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar. Jangan lupa untuk memetakan lokasi penyimpanan dengan posisi produk-produk yang jelas. Ini akan membantu mempercepat proses pencarian produk tertentu dan audit stok.

Anda juga dapat mempertimbangkan jasa pihak ketiga untuk mengelola stok toko, khususnya jika Anda tidak memproduksi sendiri. Solusi pengelolaan inventaris menggunakan sumber daya outsource seperti ini memiliki tingkat keterlibatan yang berbeda-beda dalam proses kerja. Umumnya, inilah jenis-jenis layanan outsource manajemen stok yang tersedia:

  • Menggunakan reseller: Seorang reseller akan menjual produk Anda dengan menyimpan stok produk sendiri. Saat pelanggan memesan produk, reseller akan menjual dengan mengambil dari stok produk yang mereka miliki. Artinya, Anda tidak harus menyimpan seluruh inventaris stok produk sendiri.
  • Menggunakan jasa pengiriman dropship atau fulfillment: Artinya, Anda menggunakan jasa pihak ketiga untuk menyimpan, mengemas, dan mengirimkan produk secara langsung ke pelanggan dengan menggunakan nama online shop Anda sebagai pengirim. Jadi, setelah memproses pesanan pelanggan, Anda meneruskannya ke penyedia jasa dropship, dan mereka akan mengirimkan produk ke pelanggan. Penyedia jasa dropship atau fulfillment menghilangkan kebutuhan untuk menyimpan dan mengelola inventaris.

Manajemen inventaris stok adalah salah satu aspek penting untuk mengembangkan operasi toko online Anda. Kurangnya pengetahuan dan persiapan dapat berujung pada permasalahan, penundaan, dan layanan pelanggan yang buruk. Jadi, pastikan Anda terus memantau tip-tip unggulan dari kami dan menjadikan pengelolaan inventaris sebagai bagian dari strategi pertumbuhan bisnis Anda yang cemerlang.

 

Dengan promosi, pengelolaan pengiriman, retur dan pengembalian uang, layanan pelanggan, serta pengelolaan inventaris stok online shop yang matang, Anda akan segera melihat hasil positif dalam bentuk penjualan dan keuntungan.